Sabtu, 03 Juli 2010

analisa Iklan “SHE-IOTO ALEXANDER SLIM SHARP”


 Kondisi Pasar
Pengaruh pasar modern untuk pernjualan barang elektronik SEIN memang sangat kental. Hal ini terlihat dari petumbuhan penjualan di hypermarket yang mencapai angka 200 persen, tepatnya sekitar 175 persen untuk periode fiskal januari hingga April 2010. Padahal, jika dibandingkan dengan pasar tradisional, jumlah pasar modern hanya 25 persennya saja.

Meski demikian, Sharp sudah memiliki jaringan kuat di pasar tradisional. Pasar ini memiliki keunggulan lain yang tak dipunyai pasar modern. Antara lain letaknya yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini tak bisa dilakukan pasar-pasar modern. Pasalnya, hypermarket ini hanya boleh didirikan di kota-kota besar saja (provinsi), bukan untuk kota-kota yang berada di pinggiran

Jabodetabek dari segi penjualan hanya memberikan kontribusi sebesar 33 persen pada penjualan SEIN keseluruhan, pada periode januari - April. Daerah ini, merupakan daerah yang memiliki jumlah hypermarket terbesar. Sementara sisanya, yaitu 67 persen, disumbang dari berbagai daerah.
 Cara Pemasaran
Untuk menghadapi ketatnya persaingan antar vendor elektronik, Sharp Electronics Indonesia (SEIN) menerapkan beberapa strategi. Selain tetap memunculkan line up produk baru, SEIN juga memperkuat jaringan distribusi dan pemasarannya.
SEIN tak hanya menjual produknya di pasar tradisional, namun juga membidik konsumen pasar modern. Untuk menghadapi kedua pasar tersebut, vendor asal Jepang ini memilih pendekatan yang berbeda. Pasar modern yang terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir memberikan alternatif pilihan baru bagi masyarakat untuk berbelanja barang elektronik. Pasar ini cenderung disukai konsumen karena berbagai alasan. Antara lain, kondisinya yang nyaman dan luas, display produk yang menarik serta alternatif pilihan produk yang lebih banyak.
Apalagi kini proses pembayarannya pun semakin mudah. Pembeli bisa mengangsur produk yang dibelinya dengan kartu kredit. Harganya pun sudah pasti, alias tidak lagi ada proses tawar menawar. Tidak seperti pasar tradisional yang kondisinya berlawanan dengan pasar modern.
 Kelebihan Iklan
Sesuai dengan Poduk Yang di Pasarkan, Iklan ini mengusung tema yang terlihat glamour dan full color. Sehingga para konsumen lebih mengasumsikan produk ini sebagai produk yang bagus kwalitasnya gambarnya dari pada produk lain.

 Kelemahan Iklan
Tapi Pada iklan ini tidak disebutkan kelebihan dan kwalitas kejernihan dari televisi CRT (Cathode Ray Tube). Hanya menyebutkan kelebihan pada soundnya saja.

 Pandangan Masyarakat
Konsumen sekarang memang lebih senang berbelanja barang elektronika di pasar modern. Tren ini menyebabkan terjadinya perpindahan pembeli dari pasar tradisional ke modern. Karakter konsumen di pasar modern ini berbeda dengan pasar tradisional. Karena itulah, produk yang ditempatkan di hypermarket pun berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar